Pages

Banner 468 x 60px

 

Rabu, 12 Desember 2018

PENGALAMAN ORGANISASI YANG PERNAH DIIKUTI

1 komentar
PENGALAMAN ORGANISASI YANG PERNAH DIIKUTI
Setiap orang mempunyai pengalaman organisasi sendiri. Saya akan menceritakan pengalaman saya dalam berorganisasi. Sebelum menceritakan tentang pengalaman saya dalam berorganisasi, ada baiknya jika saya jelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan organisasi itu. Menurut Wikipedia organisasi adalah sekelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Tapi, menurut para ahli Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Sedangkan menurut saya organisasi adalah sekelompok orang atau individu dimana mereka mempunyai suatu tujuan yang sama. Dengan kita mengikuti organisasi kita belajar menghargai pendapat orang lain, memahami dan menghargai sifat orang lain, belajar mengemukakan pendapat, belajar untuk menjadi dewasa, berjiwa kepemimpinan, mendapat wawasan, menambah pengalaman, belajar mandiri dan masih banyak lagi hal positif yang didapat dalam organisasi. .
            Pengalaman pertama saya ialah mengikuti organisasi Palang Merah Remaja. Di organisasi tersebut kegiatan saya bisa dibilang cukup aktif dilingkungan sekolah. Saya mendapatkan jabatan yang cukup penting dalam organisasi tersebut. dimulai dari mengikuti banyak kegiatan perlombaan PMR  kabupaten hingga provinsi, hingga saat memasuki masa kuliah saya mberusaha untuk mencari relasi dan lebih banyak lagi penngalaman,dimulai dari tingkat 1, dimana saya banyak mendaftarkan diri menjadi panitia lokal dalam kegiatan jurusan maupun pusat. Sampai pada saatnya saya memberanikan diri untuk mendaftarkan diri di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) pada tahun 2015 dan Alhamdulillah saya diterima menjadi salah satu staff kementerian Penelitian dan Pengembangan, disitulah saya mulai menimba ilmu pengalaman sedalam dalamnya dalam segala kepanitian acara yang diadakan. pengalaman saya selama 1 tahun pertama di BEM yaitu menjadi wakil Ketua panitia DIESNATALIS ke 15 Poltekkes Kemenkes semarang,Ketua Panitia Pengenalan Program Studi Mahasiswa 2016 serta masuk dalam organisasi luar yaitu Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik Indonesia periode 2016-2017 .Pada  periode BEM selanjutnya saya mempunyai peran yang sangat penting dalam badan eksekutif mahasiswa,menjadi wakil presiden badan eksekutif mahasiswa dimana 1 tahun berikutnya saya lalui tentunya dengan pengalaman pengalaman yang tak kalah berharga dari tahun sebelumnya.selain dalam Badan Eksekutif Mahasiswa tahun 2017. selain di badan Eksekutif Mahasiswa 2017 saya juga mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Olahraga dan juga PRAMUKA,dalam Pramuka juga sangat banyak pengalaman yang saya peroleh seperti LATGAB bersama PRAMUKA AMBALAN Universitas luar hingga event Provinsi ,selain organisasi saya juga banyak mengikuti banyak kegiatan yang ada dalam jurusan saya sendiri.

 








            Belajar berorganisasi tidak bisa dipelajari hanya dengan membaca ataupun teori, tetapi dengan cara berpengalaman berinteraksi langsung didalam organisasi itu. Organisasi dapat menambang wawasan pengetahuan yang tidak didapatkan dipelajaran sekolah dan didunia kerja pun kita harus pandai bekerja dalam tim, maka dari itu pengalaman berorganisasi sangat dibutuhkan apa lagi saat didunia kerja. Sedikit pengalaman saya yang dapat saya tulis disini semoga dapat bermanfaat dan dapat menginspirasi bagi kita semua.

1 komentar:

Muhammad Furqan mengatakan...

Mantap bang dzikk. Semangat terus bang

Posting Komentar